Senin, 01 April 2013

Aneka permainan Tradisional Indonesia


1.CONGKLAK



Permainan ini di mainkan oleh 2 orang dengan menggunakan congklak, yaitu batangan yang  berlubang dengan jumlah tertentu dan diisi dengan kerikil sejumlah yang sama sesuai jumlah lubang yg tersedia. yang mendapatkan biji/ buah congklak terbanyak dialah pemenangnya.


2. Patok Lele


permainan ini dapat dimainkan secara perorangan atau berkelompok, menggunakan alat 2 batang kayu panjang (induk) dan pendek (anak). di bantu dengan sebuah lubang atau batu bata yg di susun sebagai rumah nya. permainan di bagi menjadi 2 kelompok, pihak yg bermain dan yang jaga. yang jaga bertugas memukul batangan kayu anakkan menggunakan batangan induk. dan pihak yang jaga berusaha menangkap batangan anakan. untuk menghitung poin di gunakan batangan induk dan anakan. siapa yang terlebih dahulu mendapatkan nilai seperti yang disepakati, dialah pemenangnya.


3. Engklek



permainan ini dimainkan secara perorangan, setiap anak harus mempunyai gacuk yang berupa lempengan batu sebagai penanda lokasi yang dimilikinya. pemenang adalah dia yang mempunyai bintang atau lokasi
terbanyak.

4. Balap Karung


lomba balap karung di lakukan secara perorangan, yaitu berlari dengan menggunakan karung. siapa yang tercepat mencapai garis finish dialah pemenangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar